Minggu, 28 Februari 2016

Book review month 2 : BATIC - 4 Motivator berbagi inspirasi

Saya sebenarnya tidak terlalu suka baca buku motivasi, tapi karena waktu beberes nemu buku ini... mungkin memang harus saya baca. Buku ini adalah souvenir dari acara motivational session yang diadakan kantor saya tahun lalu (2015); yang bersamaan dengan acara buka puasa bersama dengan motivator Remaja Tampubolon (Bang Jaja); Beliau adalah salah satu penulis buku ini.

Ada satu orang lagi motivator penulis buku ini yang pernah saya ikuti sesinya, yaitu Yasier Utama, waktu itu tahun 2008 sesinya bertajuk "Awareness Before Change".

Selain mereka berdua ada Irwan Prasatya dan Purwanto Edi.

BATIC; Buku ini bercover depan 4 orang motivator berbaju batik, dan berisi motivasi yang mereka summarykan pada poin-poin yang diringkas menjadi 4 huruf yaitu B, A, T, I dan C; yaitu Be Brave, Action Oriented, Totality, Integrity, Committed to Excellence.

Pertama sekali saya terkesan dengan Brave... karena berani ini sebenarnya sangat banyak cakupannya, berani berubah lah, berani bicara lah, ternyata berani yang ada di bab pertama ini adalah... berani mati. Dengan berorientasi pada ujung kehidupan manusia ini menunjukkan bahwa penulis buku memiliki tingkat religiusitas yang tinggi, dengan selalu memikirkan kematian maka seseorang sewajarnya akan selalu berbuat terbaik untuk meninggalkan legacy yang baik untuk penerusnya.

Action... pada bab ini diingatkan bahwa hal yang terpenting adalah terus berkarya dan fokus ke depan, tidak banyak energi untuk masa lalu.

Totality... pada bab inj dituliskan salah satu hasil penelitian Gallup bahwa orang yang bekerja sekedar mencari uang, energi dan vitalitasnya tidak prima. Sehingga mindset kerja harus diganti dengan karya.

Integrity... yang paling berkesan adalah konsep I'm the legend, kembali pada brave yang pertama, setiap orang pasti ingin meninggalkan kenangan dengan menjadi legenda yang indah. Untuk menjadi legenda maka harus bermental pemenang.

Excellent... yang paling berkesan adalah kekuatan memberi. Permudahlah urusan orang lain, dan Allah akan mempermudah urusan kita. Seperti quote yang sampai saat ini masih saya pasang di email saya "Goodness is the only investment that never fails." - Henry David Thoreau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel lainnya :