Minggu, 07 Januari 2018

"Bacalah dan Naiklah"

"Bacalah dan Naiklah"

Derajat di surga tergantung pada hafalan Qur’an

Semakin banyak hafalannya, akan semakin tinggi kedudukan yang didapatkan di surga kelak. RasulullahShallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

يقال لصاحب القرآن اقرأ وارتقِ، ورتل كما كنت ترتل في الدنيا، فإن منزلك عند آخر آية تقرؤها

“akan dikatakan kepada shahibul qur’an (di akhirat) : bacalah dan naiklah, bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. karena kedudukanmu tergantung pada ayat terakhir yang engkau baca” (HR. Abu Daud 2240, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

Bagi yang ingin menambah amalan ibadah di tahun 2018 ini dengan lebih tertib menambah hafalan Qur'an, ada baiknya banyak bertanya pada para hafiz hafizah untuk memperoleh berbagai tips menghafal, karena metode dan tipa menghafal sangat beragam dan terkadang satu metode tidak pas untuk kita, mungkin kita pas sengan metode yang lain.

Kali ini saya share lagi metode menghafal bersama komunitas HOTS - Hafiz On The Stret.

1. Yang pertama kali saya harus punya adalah gadget android yang paket nya selalu aktif dan terinstall aplikasi Whatsapp, karena komunitas ini aktivitasnya ada di grup
2. Saya minta diregister ke salah satu grup oleh admin grup, sesuai dengan surat yang ingin saya hafalkan, dan saya memperoleh satu kode peserta
3. Setiap hari, saya harus setor 1 ayat yang anda sudah hafal hari sebelumnya tanpa artinya + 1 ayat selanjutnya sebagai target hafalan hari ini dengan artinya
4. Untuk bantu menghafal, salah satu caranya adalah sering mendengar. Salah satu tips nya saya install aplikasi hafalan, saya install Quran Memorization (Hafiz). Aplikasi ini dapat disetting nama reciter nya, surat yang akan dibaca, ayat mana sampai mana, berapa kali ulang, dan setiap ayat berapa kali ulang.
5. Tentukan waktu kapan harus mendengar setiap pagi. Saya biasanya menyetting 25x setiap 2 ayat yang harus saya setor untuk saya dengar setiap pagi. Karena kalau pagi saya beraktivitas di jalan, saya mendengarkannya di perjalanan dari rumah ke kantor. Mungkin untuk yang pagi harinya punya aktivitas lain bisa sambil memasak, sambil jaga toko, sambil memandikan anak, nganter anak sekolah, dll.
6. Saya juga gunakan juga aplikasi catatan di gadget untuk mencatat kode setoran saya sesuai ketentuan, jadi setiap kali setoran tinggal copy paste saja. Catatan ini sekaligus sebagai pengingat hafalan kita sudah sampai ayat berapa. Saya juga biasanya menulis ayat-ayat yang sudah saya hafal untuk memastikan... ya... bahwa saya hafal.
7. Setiap malam, lakukan recording dan setor hafalan anda. Lalu lakukan murajaah dari ayat pertama surat yang saya hafal.
8. Dengarkan review dari hafizah yang ada di grup dan lakukan perbaikan secara terus menerus.
9. Lakukan setoran secara isiqamah sesuai jadwal, karena sedikit ketinggalan akan mengendorkan semangat.

Demikian, semoga sharingnya bermanfaat ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel lainnya :