Senin, 11 Juli 2011

KPR - Did u know ?

Sebagai praktisi KPR *halah* boleh dong sekali-kali mencerahkan diri sendiri sembari pencerahan untuk yang lain... (baca : sharing)

Tapi sedikit bingung juga, kenapa niat awalnya sharing eh di ujung jadi advertising?? :p

---

Apakah KPR itu ?

KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan/agunan berupa Rumah. Walaupun penggunaannya mirip, KPR berbeda dengan kredit konstruksi dan renovasi.

Agunan yang diperlukan untuk KPR adalah rumah yang akan dibeli itu sendiri untuk KPR Pembelian. Sedangkan untuk KPR Multiguna atau KPR Refinancing yang menjadi Agunan adalah Rumah yang sudah dimiliki.

Karena masuk dalam kategori Kredit Konsumtif maka peruntukan KPR haruslah untuk kegiatan yang bersifat Konsumtif seperti pembelian rumah, furniture, kendaraan bermotor dan tidak diperbolehkan untuk kegiatan yang bersifat produktif seperti pembelian stok barang dagangan, modal kerja dan lain sebagainya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kredit_pemilikan_rumah


Berapa banyak orang beli rumah melalui KPR ?


Berdasarkan Survei Harga Prop Residensial yang dilakukan Bank Indonesia dan dikutip detikFinance, Senin (7/2/2011). DimanasSurvei ini dilakukan responden mencakup 45 pengembang utama di wilayah Jabodebek-Banten, dan sekitar 215 pengembang di 13 Kantor Bank Indonesia (KBI), fasilitas KPR tetap menjadi pilihan utama dalam melakukan transaksi pembelian properti. Tingkat bunga KPR yang diberikan perbankan umumnya berkisar antara 9% hingga 12%. Hasil survei mengindikasikan sebagian besar konsumen (71,4%) masih memilih Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) sebagai fasilitas utama dalam melakukan transaksi pembelian properti residensial.

Senin, 07/02/2011 15:06 WIB - finance.detik.com

Kenapa pilih KPR ?


Bank Indonesia menyebutkan, bahwa keuntungan KPR :

- Tidak perlu menyediakan dana tunai untuk membeli rumah, cukup uang muka

- KPR memiliki jangka waktu yang panjang, angsuran yang dibayar dapat diiringi dengan ekpektasi peningkatan penghasilan

Kenapa bank bermain di bisnis KPR ?


"Selama ada cinta, akan ada rumah. Dan akan ada kredit,"

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Iqbal Latanro

Senin, 07/02/2011 20:05 WIB – detikFinance

Dari mana bank memperoleh bisnis KPR ?


Pengembang memiliki peranan penting dalam penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR). Lantaran setiap hari bersinggungan langsung dengan pembeli, mereka bisa mengarahkan pilihan KPR.

Tak usah heran jika perbankan getol menggandeng pengembang.

Jumat, 08 Juli 2011 | 11:27 – keuangan.kontan.co.id

Berapa % porsi KPR di kredit retail di Indonesia ?


Porsi penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di Indonesia ternyata sangat mini. Saat ini, rasio KPR terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) baru sebesar 3 persen. Padahal, di negara-negara maju rasio penyaluran KPR terhadap PDB sudah menyentuh angka 50 persen.

Jika sensus Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan PDB Indonesia mencapai Rp 6.370 triliun, penyaluran KPR baru sebesar Rp 191,1 triliun. Bandingkan dengan total kredit perbankan yang mencapai Rp 1.632,1 triliun pada pertengahan September 2010 atau 25,62 persen dari PDB.

Kamis, 30 September 2010 | 17:46 WIB - properti.kompas.com

Bagaimana dengan porsi KPR Bank Permata ?


Kredit Pemilikan Rumah (KPR) PT Permata Bank di akhir tahun 2010 tumbuh 20% atau terealisasi hingga Rp 7,5 triliun (outstanding). Dengan pertumbuhan ini, maka KPR telah mengkontribusi 15%-16% untuk kredit konsumer.

Pada tahun 2011 ini, Permata Bank menargetkan pertumbuhan yang sama dengan tahun lalu, yaitu 20%. Itu artinya, target KPR baru Permata mencapai Rp 4 triliun sampai Rp 5 triliun.

Rabu, 09 Februari 2011 | 14:05 - investasi.kontan.co.id

Bagaimana proses KPR ?


PT Bank Permata Tbk menawarkan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) yang cukup unik. Bank Permata memberikan jaminan proses 'kilat' aplikasi KPR hanya dalam waktu 5 hari.

"Ini yang pertama di Indonesia, Bank Permata memberikan kepastian pemrosesan aplikasi KPR nasabah dalam 5 hari kerja," ujar Direktur Retail Banking Bank Permata, Lauren Sulistiawati di sela peluncuran Proses KPR 5 Hari Bank Permata di Gedung Bank Permata, Jalan Jend. Sudirman, Jakarta, Rabu (9/2/2011).

Lauren menuturkan, jaminan kepastian KPR ini disertai dengan kompensasi bilamana keputusan yang diberikan melebihi 5 hari kerja, Bank Permata akan memberikan kompensasi senilai Rp 100.000 rupiah per hari.

"Jaminan KPR ini disertai dengan kompensasi bilamana keputusan yang diberikan melebihi 5 hari kerja, kita akan memberikan kompensasi Rp 100.000 rupiah per hari kepada nasabah dalam bentuk donasi yang nanti disalurkan melalui PermataHati," jelas Lauren.

Rabu, 09/02/2011 11:38 WIB - finance.detik.com

Rekomendasi produk KPR ?

PT Bank Permata Tbk meluncurkan produk KPR Bijak. Produk ini mensinergikan tabungan dan KPR yang memberikan keleluasaan pada nasabah untuk mengatur jangka waktu dan bunga cicilan sesuai dengan kemampuan finansial nasabah. Selain itu memberikan suku bunga kompetitif.

Rabu, 23 Januari 2008 16:58 wib - economy.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel lainnya :