Sabtu, 26 Maret 2016

Book review month 3 : #NasihatDiri by Teddi Prasetya

#NasihatDiri
Untuk Para Pekerja

By Teddi Prasetya Yuliawan

Buku motivasi yang selanjutnya setelah bulan lalu saya baca BATIC

Lagi-lagi buku ini adalah hadiah. Hadiah yang pas sekali di tengah kondisi ekonomi saat ini; di saat para pekerja harus tetap bersyukur dengan hasil yang mungkin kurang sesuai dengan yang diharapkan ^_^

Berbeda dengan BATIC yang penulisnya senior semua... buku ini ditulis oleh "junior" saya... masih se almamater meskipun beda jurusan.

Meskipun tidak ada "tanda-tanda" islami di judul atau cover... ternyata buku ini bernafaskan islam.

Buku ini mencatat 100 nasihat, maka untuk review kali ini dari 100 nasihat yang dicatat oleh penulisnya, saya coba ambil 5 yang paling menarik untuk saya.

#Memilih makna
Nasihat pertama... memilih makna... bermakna... berarti... bermanfaat. Meskipun tidak ditulis pada bagian ini, namun nasihat pertama ini menurut saya sangat erat kaitannya dengan prinsip dasar hidup seorang muslim, yang pada salah satu hadist disebutkan "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalamShahihul Jami’ no:3289).

#Garis itu bernama keberanian mencoba
#Niatlah pembedanya
Dua nasihat ini berurutan. Menurut saya keduanya saling terkait. Pada saat kita yakin bahwa kita punya niat baik untuk dunia dan akherat... maka beranilah... kita tidak perlu takut. InsyaAllah semesta akan mendukung.

#Tinggalkan jejak kebaikan
Nasihat ini menarik karena senada dengan quote favorit saya. "Goodness is the only investment that never fails." - Henry David Thoreau quotes. Kutip dari chapter ini... "Sebab memang janji-Nya akan menambahkan ilmu tak disangka-sangka kepada insan yang rajin mengamalkan sebuah ilmu" insyaAllah.

#Ia pun rindu kepadamu
Ini adalah nasihat ke-100 yang mak-jleb sekali. "Jikalau engkau hanya mendekati-Nya ketika dalam kesulitan, jangan heran jika kesulitan akan semakin sering menimpamu. Jikalau engkau sering lari padaNya kala dalam kebahagiaan, jangan heran jikan kebahagiaan akan senantiasa meliputimu. Sebab di balik kekuasaanNya, Ia pun rindu padamu"
Yang terakhir ini mengingatkan kita untuk senantiasa beribadah secara maksimal dalam kondisi apapun.
Tetap semangat!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel lainnya :