Kamis, 27 Januari 2011

Cara menggunakan Cloth Diaper

Cara Menggunakan Cloth Diaper

Bagi yang baru menggunakan clodi, terkadang bingung bagaimana menggunakan clodi. Padahal menggunakan clodi sangatlah sederhana seperti halnya menggunakan popok sekali pakai. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan clodi
1. Lakukan prewash (cuci-kering-cuci-kering-cuci-kering-pakai) terlebih dahulu sebelum menggunakan clodi.
2. Untuk clodi bertipe velcro pastikan velcro terpasang pada laundry tab. Pada sebagaian merek mereka tidak menyediakan laundry tab.



rekatan menempel pada laundry tab

3. Pastikan untuk memasang kancing (snap) ukuran clodi (S, M, L) sesuai ukuran si kecil. Kancing yang dimaksud yang terletak pada bagian depan clodi. Jika tidak terpasang baik, biasanya akan terjadi bocor samping.



4. Masukkan insert ke dalam kantong yang tersedia untuk clodi tipe pocket . Pastikan insert tidak terlipat di dalam kantong clodi. Insert yang tidak terpasang baik terkadang juga menjadi pemicu terjadinya kebocoran pada clodi.
memasang insert



5. Untuk clodi bertipe diaper cover, pastikan bahwa insert tidak terbalik. Bagian stay dry harus terletak pada sisi yang bersentuhan dengan pantat bayi.



coveria dengan insert.

6. Kita bisa menggunakan 2 insert sekaligus (double insert) untuk penggunaan lebih lama (5-8 jam). Biasanya digunakan untuk penggunaan malam hari. Kita biasa menggunakan insert merek lain pada clodi merek lainnya, karena ukuran insert biasanya standar, kalaupun ada perbedaan tidak banyak.
Pasang velcro atau snap untuk mengencangkan pinggang clodi. Jangan terlalu kencang karena membuat si kecil tidak nyaman tetapi juga jangan terlalu longgar agar clodi tidak bocor atau melorot. Perhatikan pula bagian atas clodi jangan sampai terlipat karena bisa berbekas pada pinggang si kecil.

7. Ganti clodi setiap kali si kecil pup untuk mencegah ruam.

8. Clodi sebaiknya tidak dipakai terlalu lama. Bila terasa sudah basah, sebaiknya clodi segera diganti.

9. Simpan clodi kotor pada ember tertutup dan pisahkan dengan insertnya. Insert bisa direndam pada air tanpa deterjen, tapi jangan terlalu lama. Jika ingin merendam dalam jangka waktu lama usahakan untuk mengganti air rendaman sesering mungkin.

1 komentar:

  1. kalo cara memasang insert yang microfiber, gimana cara membedakan bagian atas atau bawahnya. apakah bisa dipasang bagian kedua-duanya?

    BalasHapus

Artikel lainnya :