Sabtu, 18 April 2015

One Month One Book

Untuk membaca Al Qur'an dengan istiqomah, salah satu metode yang digunakan adalah One Day One Juz, lalu kenapa One Month One Book? Karena ini tidak terkait membaca Al Qur'an :)

Salah satu resolusi saya tahun ini adalah "One Month One Book".

Selama ini apakah saya tidak membaca? Ya, tentu saja saya membaca. Tapi apakah saya ingat yang saya baca dan dapat hal positif dari yang saya baca? Hmmm...tidak yakin dengan ingatan saya. 
Maka itulah yang ingin saya improve di tahun ini.

Untuk memastikan isi buku yang saya baca tidak menguap begitu saja tanpa mengendap di kepala. Saya ingin memastikan diri saya untuk bisa tahu persis apa manfaat yang saya bisa petik dari buku yang saya baca dengan menulis review dan "pembelajaran" yang saya peroleh dari bacaan tersebut. Selain itu tentu saja karena "writing is the best way to remember". Salah satu artikel menyebutkan salah satu hasil research tentang mengingat apa yang sudah dibaca, "One of the most common threads in my research into remembering more of the books you read is this: 
- Take good notes. 
- Scribble in the margins as you go.
- Bookmark your favorite passages.
- Write a review when you’ve finished.

Dengan menulis review dan membagi tulisannya juga mungkin bisa bermanfaat bagi yang lain.

Kenapa saya pilih membaca sebagai resolusi untuk self improvement saya tahun ini?

Salah satu pepatah mengatakan, "You are the books you read, the films you watch, the music you listen to, the people you meet, the dreams you have, the conversations you engage in. You are what you take from these." (Author Unknown)

Pepatah yang lain mengatakan "The more that you read, the more things you will know. The more that you learn the more places you’ll go.”  This quote, which comes from Seuss’ book “I can Read with my Eyes Shut” published in 1978, reminds us that reading expands our minds and that the more we read, the more we will learn. And the more we learn, the more opportunities our newfound knowledge will open up for us". (Theodor Seuss Geisel (i/ˈɡaɪzəl/; March 2, 1904 – September 24, 1991) was an American writer and cartoonist.)

Malu rasanya di saat seseorang bertanya buku apa yang terakhir kamu baca, apa isinya? Dan saat itu saya tidak punya jawaban pasti, sedangkan agama saya jelas-jelas menyebutkan "iqro'!"

Membaca tentu saja banyak manfaatnya, salah satu artikel di huffingpost menyebutkan salah satu manfaat membaca , "A lifetime of reading might just help keep your brain in shape when you reach old age" , artikel lengkapnya ada di sini  
http://m.huffpost.com/us/entry/4081258

Jadi untuk misi fundamental "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni), maka supaya tetap bermanfaat di usia tua kelak tentu saja menghidari ketumpulan otak sedini mungkin.

Itulah kenapa one month one book menjadi salah satu resolusi tahun ini, barangkali untuk beberapa orang naif sekali, tapi untuk yang sudah jarang membaca semoga bisa menginspirasi.

Dan yang paling penting semoga resolusi ini bisa dijalankan secara konsisten dan achieve target :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel lainnya :